Hans Leo Hassler,hans leo hassler biography, hans leo hassler songs, hans leo hassler cantate domino, hans leo hassler works, hans leo hassler missa secunda, hans leo hassler dixit maria, hans leo hassler o sacred head now wounded, hans leo hassler imslp,
Hans Leo Hassler

Hans Leo Hassler begini biografi komposis jerman

Diposting pada

Hans Leo Hassler (dalam bahasa Jerman , Hans Leo Haßler ) (dibaptis 26 Oktober 1564 – 8 Juni 1612) adalah seorang komponis dan organis Jerman pada akhir zaman Renaisans dan awal Baroque , kakak laki-laki komposer Jakob Hassler . Ia lahir di Nuremberg dan meninggal di Frankfurt am Main .

Biografi

Hassler lahir di Nuremberg dan dibaptis pada tanggal 26 Oktober 1564, menerima instruksi pertamanya dalam musik dari ayahnya, organis Isaak Hassler .

Pada tahun 1584, Hassler menjadi komponis pertama dari banyak komponis Jerman yang pergi ke Italia untuk melanjutkan studi mereka; dia tiba di Venesia saat puncak aktivitas sekolah Venesia , para komposer yang menulis dengan gaya polychoral hebat , yang segera menjadi populer di luar kota asalnya. Hassler sudah mengenal beberapa musik ini, karena banyak cetakan telah beredar di Jerman karena minat Leonhard Lechner , yang dikaitkan dengan Orlandus Lassus di Munich.

Sementara di Venesia, Hassler berteman dengan Giovanni Gabrieli , yang dengannya dia menyusun sebuah motip pernikahan untuk Georg Gruber, seorang pedagang Nuremberg yang tinggal di Venesia, pada tahun 1600. Bersama-sama mereka belajar dengan Andrea Gabrieli , paman Giovanni. Di bawah Andrea, Hassler menerima instruksi dalam komposisi dan permainan organ.

Setelah kematian Andrea Gabrieli,

Hassler kembali ke Jerman pada bagian akhir tahun 1585, pindah ke Augsburg dimana dia bertugas sebagai organis untuk Octavian II Fugger , seorang bangsawan di sana. Tahun Augsburg sangat kreatif baginya; Selain itu ia menjadi terkenal sebagai komposer dan organis saat ini, meski pengaruhnya terbatas karena ia seorang Protestan di daerah yang masih sangat Katolik .

Hans Leo Hassler bukan hanya komposer,

tapi juga organis aktif dan konsultan untuk pembangun organ. Pada tahun 1596, Hassler, bersama 53 organis lainnya, diberi kesempatan untuk memeriksa instrumen baru dengan 59 pemberhentian di Schlosskirche, Groningen. Hassler terus dikenal karena keahliannya dalam desain organ, dan sering disebut sebagai pemeriksa instrumen baru. Dengan latar belakang organ yang luas, Hassler melangkah ke dunia konstruksi alat mekanis dan mengembangkan organ jam tangan yang kemudian dijual ke Kaisar Rudolf II .

Pada tahun 1602,

Hans Leo Hassler kembali ke Nuremberg dimana dia menjadi Kapellmeister, atau direktur musik kota. Sementara di sana, ia diangkat Kaiserlicher Hofdiener di istana Rudolf II. Pada tahun 1604, dia mengambil cuti dan pergi ke Ulm, di mana dia dibawa ke Cordula Claus. Empat tahun kemudian, Hassler pindah ke Dresden di mana dia bertugas sebagai organisi pemilihan untuk Pemilih Kristen II dari Saxony , dan akhirnya sebagai Kapellmeister. Pada saat ini, Hassler telah mengembangkan tuberkulosis yang akan mengklaim hidupnya pada bulan Juni 1612. Setelah meninggal, Michael Praetorius dan Heinrich Schütz diangkat sebagai gantinya.

Gaya

Hans Leo Hassler adalah salah satu yang pertama membawa inovasi gaya Venesia melintasi Pegunungan Alpen. Melalui lagu-lagunya, “dengan cara madrigal asing dan canzonet,” dan Lustgarten , Hassler membawa Jerman ke villanelle , canzonette , dan lagu-lagu dance dari Gastoldi dan Orazio Vecchi . Sebagai komposer Jerman pertama yang hebat untuk melakukan “Perjalanan Italia”,

pengaruh Hassler adalah salah satu alasan dominasi Italia atas musik Jerman dan untuk kecenderungan umum musisi Jerman menyelesaikan pendidikan mereka di Italia. Sementara musisi bertubuh LassusTelah bekerja di Jerman selama bertahun-tahun, mereka mewakili sekolah yang lebih tua, primata pratica , gaya polifoni Renaissance yang dikembangkan sepenuhnya dan halus ;

Di Italia muncul tren baru yang menentukan apa yang kemudian disebut era Baroque. Musisi seperti Hassler, dan kemudian Schütz, mengusung gaya concertato , gagasan polikomis, dan ekspresi bebas dari orang-orang Venesia ke dalam budaya Jerman, menciptakan pengembangan Barok pertama dan terpenting di luar Italia.

Meskipun Hans Leo Hassler adalah seorang Protestan, dia menulis banyak massa dan mengarahkan musik untuk pelayanan Katolik di Augsburg. Sementara dalam pelayanan Octavian Fugger, Hassler mendedikasikan sakramen Cantiones dan sebuah buku massa untuk empat sampai delapan suara kepadanya.

Karena tuntutan para patron Katolik, dan keyakinan Protestannya sendiri, komposisi Hassler mewakili perpaduan yang kuat antara gaya musik agama yang memungkinkan komposisi-komposisinya berfungsi dalam kedua konteks. Dengan demikian, banyak karya Hassler dapat digunakan baik di Gereja Katolik Roma maupun Lutheran. Selama berada di Augsburg, Hassler hanya menghasilkan dua karya yang secara khusus ditujukan untuk gereja Lutheran.

Di bawah komando kota bebas Nuremberg,

simplisiter Psalmen disusun pada tahun 1608, dan didedikasikan untuk kota tersebut. Hassler juga menghasilkan Psalmen und christliche Gesange, mit vier Stimmen auf die Melodeien fugweis komponiert pada tahun 1607 dan mempersembahkannya kepada Elector Christian II dari Saxony.

Secara gaya, karya-karya awal Hassler menunjukkan refleksi pengaruh Lassus, sementara karya-karyanya yang kemudian ditandai dengan kesan yang ditinggalkannya oleh studinya di Italia. Setelah kembali dari Italia, Hassler menggabungkan teknik polikristik , kontras tekstur dan kromatisisme sesekalidalam komposisinya.

Massa kemudian dikarakteristikkan oleh melodi ringan yang disandingkan dengan anugerah dan fluiditas lagu dansa madrigalia; sehingga menciptakan gaya sakral yang menawan yang lebih nyaring dari pada yang mendalam. Nya musik-sekuler madrigals , canzonette , dan lagu-lagu di antara vokal, dan ricercars , canzonas , introits dan toccatas antara berperan-acara banyak teknik canggih dari Gabrielis di Italia, tapi dengan karakter yang agak lebih terkendali, dan selalu memperhatikan keahlian dan keindahan suara.

Namun, kesuksesan Hassler yang terbesar dalam menggabungkan gaya komposisi Jerman dan Italia ada di dalamnyalieder Pada tahun 1590, Hassler merilis publikasi pertamanya, satu set dua puluh empat, empat bagian canzonette . The Lustgarten neuer teutscher Gesang, Balletti, Galliarden und Intraden , yang berisi tiga puluh sembilan vokal dan sebelas potongan instrumental, adalah koleksi yang paling terkenal Hassler tentang lieder.

Dalam karya ini, Hassler menerbitkan koleksi tari untuk empat, lima, atau enam senar atau instrumen angin dengan suara dan tanpa kontinu. ] Dia juga menyusun Mein G’müt ist mir verwirret , bagian lima bagian. Melodi kemudian digabungkan dengan teks O Haupt voll Blut dan Wunden dari Paul Gerhardt , yang bentuknya digunakan oleh Bach.dalam St Matthew Passion .

Seiring dengan banyak orang sezamannya,

Hassler berusaha memadukan gaya virtuoso Italia dengan gaya tradisional yang lazim di Jerman. Ini dicapai dalam motor chorale dengan menggunakan rangkaian bass lengkap dan termasuk ornamen instrumental dan solo. Mobilitas Hassler menunjukkan perpaduan antara yang lama dan yang baru dengan cara merefleksikan pengaruh Lassus dan gaya paduan suara dua bagian dari Gabrielis.

Hassler dianggap sebagai salah satu komposer Jerman terpenting sepanjang masa.

Penggunaan teknik Italia yang inovatif, ditambah dengan teknik tradisional Jerman yang konservatif memungkinkan komposisi dirinya menjadi segar tanpa nada afektif modern. Lagu-lagunya menyajikan literatur gabungan dan instrumental gabungan yang tidak menggunakan kontinuitas, atau hanya memberikannya sebagai pilihan, dan musik sucinya memperkenalkan struktur polychoral Italia yang kemudian akan mempengaruhi banyak komposer yang mengarah ke Era baroque

Pekerjaan

  • Canzonette (Nuremberg, 1590)
  • Cantiones sacrae (Augsburg, 1591)
  • Madrigals (Augsburg, 1596)
  • Neüe teüsche Gesäng nach Art der welschen Madrigalien und Canzonetten (Augsburg, 1596)
  • Misa (Nuremberg, 1599)
  • Lustgarten Neuer Teutscher Gesäng (Nuremberg, 1601)
  • Sacri concentus (Augsburg, 1601 dan 1612)
  • Psalmen und christliche Gesäng (Nuremberg, 1607)
  • Psalmen simpliciter (Nuremberg, 1608)
  • Kirchengesäng (Nuremberg, 1608)
  • Venusgarten (Nuremberg, 1615) (musik instrumental)
  • Litaney teütsch (Nuremberg, 1619)

 

Baca juga:

Filosofilagu.com

Sebarkan cinta
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Mengupas semua tentang musik